PerceTakan Tip's & Promo

Akibat Salah Warna Dalam Desain Grafis

Posted on by Admin

Pembagian Warna RGB (layar Monitor) dan Warna CMYK dalam desain grafis percetakan. Dalam hal ini saya akan membahas masalah warna yang sering terjadi dalam dunia percetakan terutama percetakan prepress / offset printing (Mesin Percetakan), seperti diantaranya : Mesin Offset, Baner, Buku, brosur majalah, dll.

Sering terjadi warna yang diinginkan jauh dengah hasil cetaknya. Untuk itu perlu diketahui bahwa dalam dunia percetakan yang kebanyakan di indonesia ini mesin-mesinnya jarang yang menggunakan warna yang mencolok serperti warna monitor.

Ada dua jenis Profile Warna yang sering digunakan dalam membuat desain grafis:

Pertama Warna RGB (Red Green Blue), yaitu warna campuran antara 3 warna yaitu Warna Merah, Hijau Muda, dan warna Biru. Jika warna RGB ini digabungkan dan dicampur adukkan dengan warna lainnya diantara 3 warna tersebut maka akan tercipta warna yang sangat banyak (bisa nyampek ratusan juta warna. Maka hasil desain anda akan jauh lebih bagus untuk dilihat mata di depan anda (yaitu di layar monitor).

Dan untujk yang kedua yaitu warna CMYK (Cyan Magenta Yellow Black), yaitu warna yant mendekati warna Biru Muda, Pink, Kuning dan Hitam. Warna ini bila digabungkan dan diaduk dengan masing-masing 4 warna tersebut akan menghasilkan jutaan warna. Karena warna ini adalah warna kompressi antara ratusan juta warna, maka warna CMYK ini tidak sebanyak warna RGB dan jumlah warna yang dihaslkan pun menjad lebih sedikit daripada warna RGB.

Nah, seseuai yang saya sebutkan tadi di atas, mesin-mesin cetak di Indonesia ini mayoritasnya menggunakan warna CMYK, maka dalam pembuatan desain juga kita wajib menyesuaikan warna yang dipakai oleh mesin-mesin cetak seperti cetak offset printing yaitu warna CMYK. Dan warna CMYK juga tidak akan sama persis 100% antara warna design anda di layar monitor dan hasil cetak akhir dari hasil cetak offset. Bahkan bila anda mencetak desain yang sama dengan 2 atau 3 mesin yang berbeda juga warna bisa berbeda.

Jadi kesimpulannya untuk mengurangi kesalahan warna dan agar warna hasil desain dengan hasil cetak minimal menyerupai hasil akhir desain, maka gunakanlah selalu warna CMYK untuk setiap desain anda.

This entry was posted in Desain Grafis and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Desain Gallery

Percetakan Online

Kami siap membantu untuk pembuatan media promosi jenis cetakan untuk keperluan promosi bisnis anda. Kami mengerti, waktu sangatlah penting bagi anda, maka kami dapat membantu anda tanpa harus beranjak dari meja kantor. Silakan kirim file desain ke email kami, setelah barang pesanan cetakan selesai diproses, kami antar ke tempat / kantor anda.

Tentang Prima Warna

Prima Warna Printing menyediakan layanan jasa percetakan murah berkualitas di Jakarta yang dapat melayani order / pesanan dari Daerah Jakarta, luar kota, luar Jawa, luar Pulau hingga seluruh wilayah Indonesia. Kami melayani beberapa produk percetakan dengan harga yang relatif murah dengan... Selengkapnya »